Senin, 22 Juli 2013

Herbal Penurun Tekanan Darah Tinggi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah suatu kondisi di mana terjadi peningkatan tekanan darah secara kronis (dalam jangka waktu lama). Pada pemeriksaan tekanan darah akan diperoleh dua angka.

Angka yang lebih tinggi diperoleh pada saat jantung berkontraksi (sistolik), angka yang lebih rendah diperoleh pada saat jantung berelaksasi (diastolik). Bila tekanan  darah 120/80 mmHg maka dikatakan  normal.

Sedangkan pada tekanan darah tinggi, biasanya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik. Hipertensi biasanya terjadi pada tekanan darah 140/90 mmHg atau ke atas.

Tekanan darah tinggi adalah salah satu faktor resiko untuk stroke, serangan jantung, gagal jantung dan aneurisma arterial, dan merupakan penyebab utama gagal jantung kronis. Selain faktor genetika, usia, dan jenis kelamin, ada beberapa faktor penyebab lain, antara lain:

    Stres atau perasaan tertekan.
    Kegemukan (Obesitas).
    Kebiasaan merokok.
    Kurang berolahraga.
    Kelainan kadar lemak dalam darah (Dislipidemia).
    Konsumsi yang berlebihan atas garam, alkohol, dan makanan yang berlemak tinggi.
    Kurang mengonsumsi makanan yang berserat dan diet yang tidak seimbang.

Sedangkan gejala umum yang mungkin terjadi pada orang dengan tekanan darah tinggi meliputi:

    Sakit kepala saat bangun tidur yang kemudian menghilang setelah beberapa jam.
    Rasa pegal dan tidak nyaman pada tengkuk.
    Mudah lelah, lesu, Impoten.
    Telinga berdenging.
    Detak jantung berdebar cepat.
    Pandangan agak kabur, susah tidur, sakit pinggang, dan mudah menjadi marah.

Apabila Anda merasakan beberapa gejala di atas, segera cari bantuan untuk mengatasi tekanan darah tinggi Anda mengingat banyaknya komplikasi serius yang bisa jadi Anda alami diantaranya:

    Kerusakan otak
    Tekanan darah yang terlalu tinggi menyebabkan pecahnya pembuluh darah otak (stroke) akibatnya, darah tercecer dari daerah tertentu otak sedangkan bagian lain otak tidak teraliri cukup sehingga bagian otak menjadi rusak.
    Kerusakan jantung
    Tekanan darah yang tinggi menyebabkan pembesaran otot jantung kiri sehingga jantung mengalami gagal fungsi. Pembesaran otot jantung kiri disebabkan jantung bekerja keras untuk memompa darah.
    Kerusakan ginjal
    Tingginya tekanan darah akan membuat pembuluh darah dalam ginjal tertekan. Akhirnya, pembuluh darah menjadi rusak dan menyebabkan fungsi ginjal menurun hingga mengalami kegagalan ginjal.
    Kerusakan mata
    Tekanan darah yang tinggi menyebabkan tertekannya pembuluh darah dan syaraf pada mata sehingga penglihatan terganggu.

Pencegahan hipertensi dapat Anda lakukan dengan melakukan beberapa hal berikut.

    Mengonsumsi makanan yang kaya akan serat (Sayur dan buah).
    Mengurangi konsumsi garam, alkohol, dan makanan yang berlemak tinggi.
    Mengurangi berat badan, istirahat yang cukup, dan olahraga yang teratur.
    Lakukan pengecekan tekanan darah secara rutin.

Beberapa orang yang memiliki sistem metabolisme tubuh yang buruk, biasanya tidak akan mengalami perubahan yang signifikan bahkan setelah menjalankan hal-hal di atas.

Apabila beberapa cara di atas sudah tidak mempan, penting bagi Anda untuk mengonsumsi obat baik obat yang diresepkan dokter ataupun alternatif herbal untuk tekanan darah tinggi.

Mengobati darah tinggi dengan obat-baobatan herbal bukan hal baru dalam kultur masyarakat Indonesia. Negeri ini kaya warisan budaya dan obat-obatan tradisional termasuk di dalamnya.

Ini patut disyukuri, karena dengan demikian pencarian akan sumber alternatif pengobatan darah tinggi menjadi semakin mudah. Bahkan banyak yang sudah membuktikan bahwa herbal darah tinggi ini berhasil menghindarkan penderita darah tinggi dari penyakit lain yang lebih fatal.

Daftar herbal di bawah ini mungkin belum pernah Anda ketahui mampu membantu turunkan tekanan darah. Mau tahu apa saja herbal darah tinggi yang terbukti mampu menurunkan tekanan darah ini? Simak uraian berikut!

    Bawang putih
    Dalam sebuah penelitian di Amerika, seorang peneliti membuktikan bahwa bawang putih yang diujikan dalam sebuah meta-analisis pengobatan darah tinggi menunjukkan pengurangan signifikan pada tekanan darah sistolik and diastolik. Bawah putih juga berkhasiat melancarkan peredaran darah karena kemampuannya dalam mencairkan sel-sel darah yang pekat.
    Minyak ikan
    Minyak ikan bisa menurunkan tekanan darah karena suplemen ini mengandung DHA (docohexaenoic acid) dan EPA (eicosapentaenoic acid). DHA inilah zat terpenting yang mampu menurunkan tekanan darah.
    Buah Aprikot
    Aprikot mengandung 1,400 mg potasium dan 15 mg sodium. Buah ini juga kaya akan zat besi yang baik untuk kesehatan. Yang paling menarik, aprikot mengandung sedikit garam karena kandungan sodiumnya yang rendah sehingga buah ini direkomendasikan untuk menjadi herbal darah tinggi. Hanya saja, pengonsumsian aprikot tanpa diiringi konsumsi air yang seimbang dapat menyebabkan dehidrasi.
    Gandum dan serat
    Mengonsumsi gandum sebagai makanan harian tidak hanya dianjurkan untuk penderita darah tinggi. Sifat gandum yang lebih kaya serat dibanding nasi putih juga bagus untuk menjaga kenormalan kadar gula darah dan kolesterol, terutama gandum yang diproses beserta seratnya (whole grain). Serat juga dapat diambil dari konsumsi buah-buahan segar. Perpaduan menu yang sehat dari gandum dan serat ini misalnya, gandum dan saus apel.
    Lavender
    Anda tahu bunga lavender? Bunga ini tak hanya mampu mengusir nyamuk dengan aromanya yang khas. Penelitian menunjukkan bahwa memijat dan menggosok tubuh dengan minyak bunga lavender dapat mengurangi tekanan darah sampai 50 persen. Menakjubkan, bukan? Penelitian ini dilakukan oleh Universitas Creighton. Lavender berfungsi sebagai vasodilator yang memperlebar dan membuat rileks pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tekanan darah dapat diturunkan. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa aplikasikan minyak lavender sebagai pelembab tubuh atau dicampur dengan air saat mandi. Tentu tekanan darah Anda akan turun 50 persen jika perawatan ini rutin dilakukan. Bunga Lavender juga dapat dikonsumsi dalam bentuk teh dan bermanfaat untuk menyembuhkan insomnia dan sakit perut. Apa Anda tertarik menanam lavender di rumah? Kenapa tidak?

Ketika anda mendengar herbal darah tinggi, mungkin fokus Anda langsung beralih pada jamu-jamuan berasa pahit yang dijual pedagang keliling. Tetapi, ternyata tidak selalu demikian, bukan?

Obat herbal darah tinggi tak selalu minuman yang tak menggugah selera. Buah, sayur, serat dan makanan lezat lainnya bisa menjadi penolong Anda dalam menurunkan darah tinggi.

Agar Anda tak ketinggalan informasi terbaru mengenai penelitian herbal darah tinggi, rajin berselancar di internet adalah kunci utama. Semakin banyak hal yang diketahui tentang herbal darah tinggi, semakin banyak manfaat yang bisa diambil, misalnya menu diet akan semakin bervariasi.

Jadi, tidak lagi setiap hari mengonsumsi bubuk bawang putih dan gandum saja. Anda bisa konsumsi apel, aprikot, atau mungkin buah lain yang bagus untuk kesehatan. Yang terpenting, menu diet herbal darah tinggi Anda menjadi lezat dan enak disantap setiap hari..

Herbal Penurun Tekanan Darah Tinggi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: mistersipilis

Out Of Topic Show Konversi KodeHide Konversi Kode Show EmoticonHide Emoticon

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Terima kasih sudah berkomentar